Cara/Transportasi Menuju Gunung Rinjani

Gunung Rinjani ialah salah satu gunung tercantik di Indonesia. Di Rinjani semuanya ada, mulai dari sabana, danau, anak gunung, sampai sumber air panas untuk mandi pun juga ada. Tidak salah bila Gunung Rinjani menjadi primadona bagi para pendaki gunung baik lokal maupun mancanegara selain Gunung Semeru.

Sumber : liputan6.com

Letaknya yang berada di luar Pulau Jawa, tak menyurutkan niat para pendaki untuk menapakkan jejak kakinya di Puncak Anjani. Namun tak sedikit pula para pendaki dari luar Lombok yang masih bingung bagaimana cara menuju gunung berapi tertinggi nomor 2 di Indonesia tersebut. 

Berbagai cara dilakukan para pendaki untuk menuju gunung impiannya tersebut, antara lain dengan cara naik mobil/motor sendiri dari Jawa ataupun dengan sistem ala backpacker, atau bagi pendaki yang agak berduit, pesawat menjadi salah satu moda transportasi yang paling masuk akal. Selain hemat waktu juga hemat tenaga namun tidak hemat isi kantong. 

Untuk menuju Gunung Rinjani ada 2 rute yang bisa ditempuh yaitu jalur udara dan jalur darat. Beda jalur beda pula waktu tempuh dan pastinya beda pula dana yang akan dikeluarkan. Berikut transportasi menuju Gunung Rinjani : 

Jalur Darat : 

Rumah - Banyuwangi 

Sangat disarankan untuk naik kereta api dengan membeli tiket jauh-jauh hari (kuatir kehabisan tiket). Ambil jurusan ke Stasiun Banyuwangi Baru. Bila dari Jakarta bisa naik Kereta Ekonomi Bengawan jurusan Pasar Senen - Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta dilanjut naik kereta api Sri Tanjung jurusan Lempuyangan - Stasiun Banyuwangi Baru. Atau bisa juga naik Kereta Ekonomi Gaya Baru Malam jurusan Jakarta Kota - Gubeng Surabaya, dilanjut kereta api Sri Tanjung jurusan Gubeng - Banyuwangi Baru pada siang harinya. Info harga tiket kereta api bisa diklik disini. 

Banyuwangi - Bali  

Dari stasiun menuju Pelabuhan Ketapang cukup jalan kaki sekitar 5 menit. selanjutnya menyeberang menggunakan kapal ferry dengan tarif Rp 8 ribu per orang. Sampai di Pelabuhan Gilimanuk, Bali menuju Terminal Ubung Denpasar menggunakan bus dengan ongkos Rp 35 ribu, perjalanan sekitar 3 jam. Dari Terminal Ubung menuju Pelabuhan Padangbai menggunakan mobil carry dengan ongkos Rp 30 ribu. 

Bali - Lombok - Sembalun 

Dari Pelabuhan Padangbai naik ferry menuju Pelabuhan Lembar lombok, ongkos sekitar Rp 40 ribu lama perjalanan 4-5 jam. Dari Pelabuhan Lembar menuju Terminal Mandalika Mataram naik carry dengan tarif sekitar Rp 25 ribu lama perjalanan 2 jam. Dari Terminal Mandalika naik mobil engkel (sejenis elf) menuju Pasar Aikmel dengan tarif Rp 20 ribu, waktu tempuh 1 jam. Di Pasar Aikmel ini pendaki bisa berbelanja logistik untuk pendakian. Dari Aikmel menuju Sembalun naik mobil pick up, tarif Rp 25 ribu dengan waktu tempuh 2 jam. 

Jalur Udara : 

Rumah - Bandara Lombok Praya
Pastinya naik pesawat dong.

Bandara - Sembalun (langsung)

Bisa sewa mobil dari bandara sampai Sembalun dengan tarif sekitar Rp 500 ribu bisa diisi sampai 10 orang dengan lama perjalanan 3-4 jam. Bandara - Sembalun (estafet) Mencarter mobil tujuan hanya sampai di Kopang, Lombok Tengah dengan ongkos Rp. 200.000. Dilanjutkan naik Mini Bus jurusan Labuhan Lombok dan turun di Aikmel Rp. 15.000. Dilanjutkan naik mobil pick up ke Sembalun Lawang Rp. 25.000, dengan lama perjalanan sekitar 4 jam. Naik Bus Bandara Jurusan Senggigi dan turun di Terminal Mandalika dengan tarif Rp 30.000. kemudian naik mini bus menuju ke Aikmel dengan tarif Rp.25.000. Dari Aikmel naik mobil pick up ke Sembalun Lawang Rp.25.000. Total lama perjalanan sekitar 5 jam. 

Silakan memilih jalur mana yang kamu pilih tentunya disesuaikan dengan lama liburan dan isi kantong kamu masing-masing.

2 komentar

Write komentar
Lombok Cab
AUTHOR
May 12, 2017 at 7:16 AM delete

infonya oke bnget... 👍
tman2 yg cari info driver, klik my profile ya...sampai jumpa di lombok. tks

Reply
avatar
Ilham doang
AUTHOR
September 16, 2017 at 1:37 AM delete

Terimakasih kak info nya.. Sangat membantu

Reply
avatar