Pendakian Gunung Pangrango via Jalur Cibodas


Pendakian Gunung Pangrango via jalur Cibodas adalah jalur favorit bagi para pendaki. Mendaki Gunung Pangrango via jalur Cibodas selain jalurnya yang cukup bersahabat bagi para pemula juga jalur yang dilalui begitu indah, selama pendakian ke Gunung Pangrango via jalur Cibodas kita akan melewati beberapa destinasi wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Wisata Cibodas, Bumi Perkemahan Mandalawangi dan Air Terjun Cibeureum.


Gunung Pangrango memilki ketinggian 3.019 mdpl dan merupakan gunung tertinggi ke dua di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai. Gunung Pangrango mempunyai puncak yang dinamai Puncak Mandalawangi atau para pendaki akrab menyebutnya sebagai Lembah Kasih Mandalawangi.

Lembah Kasih Mandalawangi sebutan tersebut pertama kali di populerkan oleh Soe Hok Gie seorang aktivis yang selalu lantang mengkritisi kediktatoran pemerintahan pada masanya, juga seorang sastrawan yang rajin menulis artikel-artikel dan karya sastra yang sampai saat ini masih melengenda, sebutan Lembah Kasih Mandalawangi pun tercetus dan mulai populer lewat karya puisi Soe Hok Gie.

Cekidot kumpulan Puisi Soe Hok Gie yang melegenda 
Pendakian Gunung Pangrango via jalur Cibodas sebelumnya harus melakukan pendaftaran online melalui website resmi Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango diwebsite tersebut akan dijelaskan dengan rinci persyaratan apa saja yang harus dipenuhi setiap pendaki yang akan melakukan pendakian ke Gunung Gede Pangrango.

Gunung Pangrango terletak di tiga kabupaten yaitu Bogor, Sukabumi dan Cianjur. Untuk mendaki Gunung Pangrango selain melalui jalur Cibodas juga bisa melalui jalur via Gunung Putri atau melalui jalur via Salabintana, masing-masing jalur mempunyai kekurangan dan kelebihannya.

Jalur pendakian dan rincian selama perjalanan sampai di pos Kandang Badak hampir sama persis dengan artikel saya sebelumnya di Pendakian Gunung Gede Via Jalur Cibodas.

Setibanya kami di pos Kandang Badak sekitar jam 14.00 WIB setelah rehat sejenak kami melanjutkan perjalan langsung ke puncak Gunung Pangrango dan sekitar pukul 17.00 WIB kami sudah tiba Lembah Kasih Mandalawangi. Total perjalanan yang kami lalui untuk mendaki gunung pangrango adalah 12 jam, jadi memang harus mempersiapkan fisik dan perbekalan sebaik mungkin untuk melakukan pendakian gunung Pangrango via Jalur Cibodas tanpa camp di Pos Kandang Batak, karena biasanya semua pendaki yang akan mendaki puncak Gunung Gede atau Gunung Pangrango akan terlebih dulu bermalam di Pos Kandang Badak dan dilanjutnya dini hari tracking ke puncak.

Hasil Jepretan Alkadarnya, semoga memberikan sedikit gambaran tentang Pendakian Gunung Pangrango via Jalur Cibodas 😁.


1. Awal pendakian Jam 05.00 WIB, setelah menikmati segelas kopi hitam yang terasa nikmat sekali 😂
Basecamp Cibodas
2. Rawa Gayonggong (Jembatan Hijau), sekitar Jam 05.40 WIB
Rawa Gayonggong
3. Pos Persimpangan Curug Cibeureum, sekitar Jam 07.20 WIB
Pos Persimpangan Curug Cibeureum

4. Pos Air Terjun Cipanas, sekitar Jam 11.30 WIB
Pos Air Terjun Cipanas
5. Pos Kandang Batu, sekitar Jam 12.00 WIB
Pos Kandang Batu
6. Pos Kandang Badak, sekitar Jam 14.00

7. Jalur pendakian dari Pos Kandang Badak ke Puncak Pangrango



7. Tugu Triangulasi Gunung Pangrango 3.019 mdpl, sekitar Pukul 16.50
Tugu Triangulasi

8. Lembah Kasih Mandalawangi Gunung Pangrango






Latest
Previous
Next Post »