Gowes Wisata Ke Danau Jayamix, Rumpin - Bogor


Pemandangan Danau Jayamix - Rumpin
Mungkin bagi kalian yang tinggal disekitar Tangerang, Depok dan Bogor sudah sering mendengar keindahan danau Jayamix yang sempat viral dimedia sosial karena keindahan warna danaunya.

Danau Jayamix adalah danau yang tercipta dari kerakusan manusia, merupakan bekas tambang pemecah batu yang dikelola oleh perusahaan pembuat beton ternama,  Namun daerah ini sudah lama ditinggalkan karena getaran yang dihasilkan terlalu tinggi dan mengganggu rumah warga disekitar. Karena sudah tidak dipergunakan lagi, akhirnya wilayah ini terisi penuh dengan air hujan yang menghasilkan sebuah genangan air yang luas berwarna hijau.

Danau Jayamix yang terletak di Kampung Nunggaherang, Desa Tegallega, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Dibalik keindahan danau Jayamix juga tersimpan potensi bahaya yang cukup besar, karena danau tersebut berada didataran tinggi sedangkan dibawahnya terdapat perkampungan warga. seperti yang pernah terjadi di Situ Gintung, Ciputat.

Bagi kalian yang ingin mencoba kedanau Jayamix bisa ditempuh menggunakan mobil, motor ataupun sepeda karena akses jalan ke danau tersebut cukup luas. Tentu bagi kalian yang hobi Gowes sangat recomended untuk mencoba tracknya. Tergantung kalian mulai dari mana karena untuk kedanau ini bisa diakses dari berbagai arah. track yang menanjak, berbatu dan berdebu ciri khas untuk bisa mencapai danau tersebut, jadi diwajibkan pakai masker dan kacamata tentunya.

Untuk sampai ke danau Jayamix kalian akan melewati beberapa kampung, ada yang indah dipandang tapi tentu juga ada yang sangat tidak segar karena lalulintas mobil tambang yang sangat aktif disana.

Keindahan kampung sekitar danau Jayamix
Mungkin sekarang danau Jayamix tidak seramai dulu, karena waktu saya berkunjung kesana kondisinya sangat sepi hanya kita saja, mungkin karena alasan dulu banyaknya pungutan liar dari parkir kendaraan, biaya masuk sampai biaya pindahin helm pun ada.

Waktu kami kesana hanya dijaga oleh satu orang, yang itu pun dengan sangat disesalkan kami yang hanya mengendarai sepeda dan sepeda pun kami bawa kebawah tanpa mereka jaga tetap diminta perorang Rp. 25.000. mungkin tidak salah karena alasan itulah danau Jayamix sekarang sepi pengunjung.
Hijaunya danau Jayamix

Padahal potensi wisata ini sangat bagus kalau saja para warga sekitarnya mengelola dengan bijak tidak hanya berpikir soal materi tapi sisi kenyamanan, keamanan dan keindahan harus jadi faktor pertama yang harus diperhatikan agar pengunjung pun tidak kapok untuk singgah kembali atau bahkan bisa merekomendaikan tempat tersebut keteman lainnya.

Latest
Previous
Next Post »