Backpacker Kepulau Dolphin - Kepulauan Seribu


Sunset Di Pulau Dolphin
Untuk kalian yang lebih suka liburan hemat atau lebih dikenal sebagai backpacker, tidak ada salahnya mencoba liburan ke pulau Dolphin dikepulauan seribu, selain jaraknya yang cukup dekat dengan pusat kota jakarta juga keindahan indahan yang didapat pun tidak kalah dengan wisata pulau di daerah lain yang memang sudah cukup dikenal masyarakat Indonesia maupun mancanegara, seperti Lombok atau Bali.

Dalam artikel kali ini saya akan membahas detail liburan yang saya lewatkan di Pulau Dolphin Kepulauan Seribu, tepatnya libur panjang pada perayaan Imlek tahun 2018. Untuk kepulau Dolphin dapat diakses melalui banyak mode transportasi, baik menggunakan Kereta (KRL), Bus ataupun menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau empat. Untuk yang menggunakan transportasi kereta (KRL) jabodetabek bisa turun di Stasiun Angke atau Stasiun Jakarta Kota, bagi yang dari arah Tangerang atau Rangkas Bitung lebih baik turun di Stasiun Angke dengan transit terlebih dulu di Stasiun Tanah Abang dan dilanjutkan menggunakan transportasi berbasis online ke Pelabuhan Muara Angke (Kali Adem) untuk biaya roda empat bisa mencapai Rp. 35.000 - 55.000. Bagi yang dari arah Bogor bisa turun di Stasiun Jakarta Kota dan dilanjutkan menggunakan transportasi Busway dan untuk yang menggunakan kendaraan pribadii tersedia parkiran 24 jam dengan biaya Rp. 25.000 per malam untuk kendaraan roda dua. Diharuskan sudah sampai di Pelabuhan pukul 07.00 pagi, karena loket pembelian tiket kapal hanya sampai jam 7.30 pagi.

Sesampainya di Pelabuhan sudah tersedia ABK yang siap melayani kita sesuai tujuan pulau mana yang akan kita tuju, untuk ke pulau Dolphin bisa menggunakan Kapal Miles atau Raja Mas dengan tujuan Pulau Harapan, dengan biaya Rp. 60.000 per orang untuk satu kali jalan. Kapal akan bertolak dari Pelabuhan sekitar pukul 08.00 pagi dan estimasi sampai di Pulau Harapan pukul 11.00 siang.


Sesampainya di Pulau Harapan pasti banyak warga sekitar yang menawarkan penginapan ataupun perahu untuk sampai ke Pulau Dolphin, sebaiknya istirahat sejenak diwarung-warung yang tersedia sambil makan siang dan sambil tawar menawar harga perahu. Harga yang ditawarkan berkisar Rp. 350.000 - Rp. 500.000 PP per perahu , bila rombongan kita hanya 3 - 5 orang sebaiknya mencari rombongan lain untuk bergabung agar biaya sewa perahunya pun lebih murah. Jangan lupa untuk melengkapi logistik sebelum berangkat Ke Pulau Dolphin terutama persediaan air tawar, diwarung-warung dekat pelabuhan banyak warung yang menawarkan sewa air dalam galon.
Pantai Pulau Dolphin
Perjalanan dari Pulau Harapan sampai ke Pulau Dolphin estimasi satu jam perjalanan, sesampainya di Pulau Dolphin akan ada pengurus pulau yang akan meminta retribusi biaya camping yaitu sejumlah Rp. 25.000 per tenda per malam. Di Pulau Dolphin pun sudah tersedia warung dan toilet umum tidak ada rumah warga disana, hanya ditempati oleh penjaga warung dan pengurus pulau saja jadi sensasi camping dialam bebas pun cukup terasa. Usahakan medirikan tenda ditengah pulau karena bila malam dan turun hujan angin cukup kencang.


Di Pulau Dolphin mempunyai pemandangan yang sangat indah baik Sunset maupun Sunrise dan bila air laut sedang surut kita bisa berjalan-jalan ketengah laut karena ada undukan pulau pasir putihnya bila air laut surut. Pulau ini sangat terawat dan bersih, jadi recomendasi yang cukup baik untuk liburan murah dengan kualitas yang nyaman.


Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
October 29, 2018 at 6:36 AM delete

Gan, ada nomor bapak untuk sewa kapalnya?

Reply
avatar