Pesona Curug Cigamea di Lembah Gunung Salak Bogor

Sudah tidak diragukan lagi dengan Kabupaten Bogor yang mempunyai pesona keindahan Curug-curug nya, mungkin seminggu kita liburan di kota hujan ini tidak akan cukup untuk mengunjungi kesemua curug yang ada di daerah tersebut, termasuk ke salah satu curug ini yang terletak di Desa Gunungsari Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor yang di beri nama Curug Cigamea.
Gunung Halimun Salak
yup mungkin untuk para pecinta wisata alam nama curug yang satu ini sudah sering sekali terdengar, memang tidak salah sering di ceritakan oleh para traveler karena memang mempuyai ke indahan curug yang cukup memenjakan mata.
Curug Cigamea menpunyai 2 air terjun utama yang memiliki perbedaan satu dengan yang lainnya, air terjun yang pertama merupakan tebing curam yang didominasi batuan purba hitam dengan aliran air terjun yang terpecah dan bergericik kalo untuk foto2 di sini tepat di bawah curugnya masih bisa karena aliran airnya yang tidak terlalu besar dan untuk air terjun yang satunya lagi cukup besar dengan aliran air yang sangat derasa dan mempunyai kolam penampung air yang besar dan dalam, disarankan untuk berenang di curug yang satu ini agar tidak terlalu dekat dengan tempat jatuhnya air dari tebing karena berbahaya bisa membuat putaran air yang cukup kencang, memiliki ketinggian 50 meter membuat curug yang satu ini terlihat gagah bila di liat langsung dari bawah curug.

Curug Cigamea 1 dan Cigamea 2
Sumber : bpras.com
Curug Cigamea berada di kawasan Wisata Gunung Salak Endah di kaki gunung salak di bawah naungan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, di gunung ini pun terdapat beberapa curug lainya seperti Curug Ngumpet yang sudah saya share di postingan sebelumnya.
Di kawasan sekitar Curug Cigamea tersedia banyak warung makan, toilet, musolah dan penginapan, akses jalan kecurug ini pun cukup bagus biarpun masih banyak aspal yang berlubang dan membahayakan para pengendara kendaraan bermotor terutama pada malam hari.

Akses menuju Curug Cigamea
Sumber : CNN Indonesia
Sebelum mencapai Curug di sebelak kanan jalan ada hutan pinus yang rapat dan bila sedang menggugurkan daunya di lokasi tersebut bisa menjadi spot cantik untuk berfoto ria karena dahan daun yang berjatuhan di tanah membuat di lokasi tersebut indah seperti tanah yang berwarna kuning cerah dengan background pohon pinus yang padat dan cantik.

Dari Pintu masuk tiket kita akan melewati anak tangga yang lumayan menguras tenaga cukup banyak dan sangat terjal berhati-hati lah karena bila saat hujan atau sehabis hujan kondisi anak tangga tersebut sangat licin, dan bila kita kesana pada saat sore hari sekitar jam 5 sore ke bawa banyak monyet yang turun ke tempat wisata curug dan warung sekitar curug, hati-hati jangan memperlihatkan makanan ke primata tersebut khawatir akan di serang kawanan monyet tersebut.

Ada empat jalur yang bisa digunakan untuk menuju kawasan wisata Salak Endah .  Pertama adalah jalur Cemplang (Cibungbulang)-Pamijahan-Salak Endah, kemudian ada jalur Cikampak-Salak Endah, Cibatok-Salak Endah dan terakhir jalur Tamansari-Gunung Bunder-Salak Endah. Umumnya jalur pertama lebih banyak dilalui, hal ini dikarenakan memiliki jarak dan waktu tempuh terpendek dari jalan raya Bogor-Leuwiliang. Selain itu, kondisi fisik jalan di jalur ini lebih bagus dan tidak berkelok-kelok juga.
Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari Bogor (Terminal Branangsiang) naik angkot 03 jurusan Bubulak, kemudian disambung dengan angkot lagi ke jurusan Leuwiliang.  Turun di pertigaan Cibatok atau Cibungbulang, lalu naik angkot lagi ke jurusan Gunung Picung hingga perhentian terakhir angkot.  Dari perhentian terakhir angkot tersebut perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki atau naik ojek ke pintu gerbang (pos jaga) Wahana Wisata Gunung Salak Endah, tentu menggunakan kendaraan pribadi lebih efisiensi waktu dan biaya tentunya, untuk perjalan malem pun bisa di lakukan tentu hanya sekedar menikmati malam di sepanjang jalan wisata gunung salak endah tersebut sekedar menikmati kopi hangat atau jagur bakar dengan di temani merdunya suara alam liar dan tentu dinginya suhu di sana karena untuk ke curug pun akses sudah di tutup.

Untuk tiket masuk kekawasan Curug dikenakan biaya Rp. 4.000/orang dan biaya parkira kendaraan Rp. 5.000/motor untuk masuk kekawasan wisata gunung salak endah pun lain lagi di kenakan biaya Rp.20.000/motor untuk 2 orang dam Rp.50.000 untuk kendaraan roda 4.

Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
January 9, 2017 at 5:33 AM delete

Pemandangan di Lembah Gunung Salak sangat indah tentunya.

Reply
avatar
January 9, 2017 at 5:35 AM delete

sangat menarik main di Curug, di lembah gunung Salak Bogor.

Reply
avatar
January 9, 2017 at 5:36 AM delete

Ayo main ke Lembah Gunung Salak Bogor yang sangat indah pemandangannya.

Reply
avatar
January 9, 2017 at 5:38 AM delete

Jadi kangen ama Bogor dan ingin main ke Lembah Gunung Salak.

Reply
avatar
January 9, 2017 at 5:40 AM delete

Mari kita main ke Gunung Salak. Bogor.

Reply
avatar