Pendakian Puncak Mahameru dari Tangerang

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa dengan puncaknya yaitu Puncak Mahameru yang mempunyai ketinggian 3,676 Mdpl. Semeru merupakan gunung berapi ketiga tertinggi di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di NTB. Gunung Semeru terletak di antara dua Kabupaten yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang dan di kelola langsung oleh Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

yup itulah sekilas tentang Gunung Semeru secara formal ;) ....

Dan inilah Gunung Semeru menurut saya....
Cinta, kedamaian, ketenangan, rasa syukur dan tentunya keindahan semua ada di Gunung Semeru, pernah jadi tujuan hidup saya pernah jadi cita-cita saya pernah jadi harapan dan angan-angan saya dan sampai saat ini masih ada di bagian hidup saya, ga lebay tapi memang seperti itu cinta saya dengan gunung yang satu ini ({}) ... Rindu ini masih ada dan akan selalu ada.
Rindu di peluk dinginya embun pagi Ranu Kombolo, dihangatkan sinar matahari pagi, dihembuskan angin yang menghapus setiap lelah langkah kaki, merdunya nyanyian burung2 terus menambah semangat untuk mencapai puncak tertinggi di pulau jawa, pasirnya yang terus memberi irama di setiap langkah kaki dan indahnya sang surya yang terbit di Puncak Mahameru, semua itu membuat  hati ini ingin selalu kembali kesana.

Oke, dimulai dari kecintaan saya terhadap Gunung Semeru (entah sejak kapan seinget saya setelah melihat video MAHAMERU ini) rencana untuk ke Gunung Semeru pun muncul, rencana sejak awal masuk kuliah dan baru kesampaian di 2 tahun kemudian, waktu tempuh yang lama dan besarnya resiko menjadi factor penyebabnya.
pernah 99% persiapan kesana tapi batal di hari H keberangkatan karena mendadak Gunung Semeru ditutup karena terjadi insiden yang sangat menyedihkan :'( dari pengalaman itu lah akhirnya saya putuskan untuk kesana tanpa rencana yang lama dan dengan siapa saja, dan hanya 1 temen saya yang mau dan sanggup yaitu temen yang pernah Mendaki Gunung Cikuray bareng saya defri junod

--DETAIL PERJALANAN TAHUN 2015-- (5 Hari)

(Hari 1)
Perjalanan kami di mulai dari Stasiun Senen Jakarta + jadi meeting point kami berdua, untuk pemesanan tiket saya sarankan minimal 1 bulan sebelum keberangkatan karena di hari libur panjang biasanya kereta kesana cepet penuh, kecuali mau jalan di hari2 biasa. dan bagi saya Matarmaja lah pilihannya karena harganya yang lumayan jauh  lebih murah di banding jenis kereta lain (Rp. 115.000)
waktu yang di tempuh dari St. Pasar Senen (14.00) - St, Malang (08.00) kurang lebih 18 jam.

St. Malang

ya lumayan sangat lama jadi usahakan selama di kereta tidur sudah cukup terpenuhi, karena setibanya di Malang akan akan terus melanjutkan perjalanan sampai Ranu kombolo. satu lagi usahakan dari st. pasar senen sudah membeli bekal makanan untuk di kereta satu atau dua bungkus nasi juga cukup :D karena kalo beli di kereta harganya cukup mahal.

Saya bersama temen2 hasil SKSD an di kereta 


(Hari 2)
Setibanya di Malang usahkan langsung berburu angkot ke arah Pasar Tumpang inget jangan lewat calo mending langsung ke supir angkotnya, (tips dari saya selama di kereta cari teman yang memang satu tujuan "SKSD" ini fungsinya untuk menghemat budget :D ), ongkos dari St. Malang (08.30) - Pasar Tumpang (10.00) Rp. 20.000/org .
Setibanya di Pasar Tumpang lengkapilah logistic yang masih kurang, dan kalo lupa bikin surat dokter di sekitar pasar tumpang ada klinik yang bersedia membuatkannya karena itu salah satu syarat untuk para pendaki Gunung Semeru.

Jeep Pasar Tumpang

Di pasar tumpang angkutan selanjutnya sejenis mobil Jeep harganya Rp. 500.000 - Rp. 600.000 targantung kelihayan negonya fungsiin yang kita bawa terutama para pendaki ladies yang biasanya Pinter nawar =D nah di sinilah fungsinya SKSD tadi sangat membantu menghemat budget, bayangkan kalo saya dan temen saya ga nemu temen2 ini 500 rebu di bayar berdua ENGAP Men =)) .
kalo punya link booking jeep lebih baik lakukan itu karena jelas itu lebih ga ribet lagi. sebelum melanjutkan perjalanan ke tujuan selanjutnya yaitu RanuPane usahan isi perut dulu di pasar tumpang karena perjalanan yang akan di tempuh lumayan lama kira2 3-4 jam perjalanan dari Pasar Tumpang - Ranupani, harga makanan di pasar tumpang sangat bersahabat bagi para backpeker dengan budget minim seperti saya ini harga satu bungkus nasi lengkap dengan pernak perniknya cuman Rp. 5.000 :D bayangin di Jakarta goceng dapet apa ? =D gorengan juga cuman nyelip di gusi doang.

Selama perjalanan dari Pasar Tumpang - Ranupani maka kita di manjakan pemandangan yang indah lamanya perjalanan ga terasa. Setibanya di Ranupani para pendaki di wajibkan mengikuti brefing.

Brefing di Resort Ranu Pane
disini banyak pelajaran yang saya dapet tentang tatakrama selama mendaki, apa saja yang tidak boleh di lakukan dan apa saja yang harus di lakukan selama pendakian, sungguh ini hal yang bermafaat jadi saya sarankan dengarkan dengan seksama dan baik-baik. disini juga kita akan mengisi formulir pendakian dengan mengurus SIMAKSI per satu orang di kenakan biaya Rp. 20.000 dan untuk tenda Rp. 20.000 persatu tenda.

Adaptasi dengan suhu lingkungan
Ingat setibanya di Ranupani kita adaptasikan badan kita dengan kondisi suhu disana jangan langsung melakukan perjalanan, yah sekitar satu jam cukup karena perbedaan suhu akan sangat mempengaruhi kondisi badan kita saat melakukan pendakian ini hal yang penting untuk menghindari sickmountaines yaitu kondisi dimana badan tidak bisa beradaptasi dengan baik terhadap perubahan suhu udara.

Pintu Masuk Gunun Semeru
Saya sarankan untuk memulai perjalanan jagan terlalu sore karena perjalan selanjutnya yaitu ke Ranukumbolo dari Ranupani di tempuh kurang lebih 5-6 jam perjalanan tergantung fisik masing-masing.
ada 3 pos yang nanti akan kita lewati dari ranupani ke pos 1 di tempuh kurang lebih 1 setengah jam perjalanan kembali tergantung fisik masing2.

Pos 1
Di pos 1 tempat terakhir mendapatkan sinyal HP nah sibukanlah jari kalian buat update status disini =)) . ingat jangan terlalu lama istirahat karena dari sini perjalanan masih cukup jauh, untuk ke pos selanjutnya track masih cukup datar tapi tetep harus hati2 karena semakin sore kabut semakin tebal sambil jalan persiapkan senter.
kurang lebih 1 setengah jam kita sudah sampai di pos 2, kembali tergantung fisik masing2.

Pos 2
Diantara pos 2 dan pos 3 kita akan melewati daerah yang di namai watu rejeng, kalo cuaca masih terang disini kita bisa liat  tebing2 batu yang sangat indah, tapi kalo sudah menjelang magrib sangat saya sarankan agar kita tidak berlama-lama disini, atmosfer di daerah ini sangat terasa tidak baik lebih banyak ke negatif di bandingkan positifnya , bukannya berburuk sangka tapi mencegah itu lebih baik dari pada ada hal yang tidak di inginkan terjadi, jangan melakukan hal yang aneh2 cukup foto liat dan kembali jalan oke (y) .
Watu Rejeng  2.350 mdpl
Dari Pos 2 ke pos 3 di tempuh kurang lebih satu jam perjalanan karena pas saya melewatin pos 3 kondisi sudah gelap jadi tidak sempet mendokumentasikan nya, track dari pos 3 ke Ranukumbolo sudah mulai menanjak lebih fokus lagi dan hati2 karena kondisi juga sudah gelap waktu yang di tempuh pun cukup lama sekitar 2 jam perjalanan untuk sampai di pos 4 atau Ranu kombolo.
tips mendirikan tenda di ranukombolo, jangan mendirikan tenda melewati batas yang sudah di tentukan, jangan terlalu dekat dengan danau karena semakin dekat akan semakin dingin, usahakan ada penghalang dari angin agar tidak langsung angin mengarah ke tenda kita, setibanya di ranukombolo usahakan langsung mendirikan tenda bila kondisi sudah malam karena suhu udara yang sangat dingin bisa mencapai minus 0 derajat celcius. setalah mengisi perut sebaiknya langsung tidur dan minum suplement tubuh agar besok pagi kembali segar dan tentunya tidak kesiangan sholat subuh (y) .
tentunya berburu Sunrise Ranukombolo juga kan :D


Sunrise Ranukumbolo
(Hari 3)
Jangan sia-siakan momemt disini nikmati suasananya dan dokumentasikan dengan baik agar kelak kita bisa kembali lagi dengan Sejuta kenangan yang telah kita lalui di Ranukumbolo. Mau lihat video lengkapnya tentang Ranukumbolo silahkan klik link ini yah Ranu kumbolo sunrise yang Indah .
setelah puas menikmati keindahan Ranukumbolo dan mengisi perut sebaiknya kita segera melanjutkan perjalan ke Kali Mati, karena nanti malem kita akan melakukan tracking summit Mahameru jadi badan ini harus cukup istirahat dan tidur tentunya.
oia di ranukumbolo sekarang tidak perlu khawatir kekurangan makanan karena di sana tersedia warung yang menyediakan makanan instant maupun yang langsung bisa kita nikmati.
untuk sampah titipkan dulu saja di shelter Ranu kumbolo tapi ingat pas pulang bawa turun sampahnya.

Menikmati semangka segar di lembah Ranu kumbolo

Kindahan Ranu kumbolo
Tanjakan cinta
Karena Mitos atau karena efek dari film 5KM vegetasi di area ini sangat rusak mungkin karena banyaknya pendaki yang ingin mencoba kebenaran mitos itu, tapi untungnya salah satu kelompok pecinta alam telah membuat jalan alternatif yaitu jalan jigjag di sebalah kanan bermaksd agar vegetasi di area tanjakan cinta kembali hidup kembali.
sebenarnya bukan karena mitos tersebut tpi karena mata dan hati ini ga akan kuat menahan untuk melihat ke indahan ranu kumbolo dari ketinggian yang jelas2 ada di belakang kita.

Kindahan Ranu Kumbolo dari ketinggian

Setalah melawati Tanjakan Cinta kita akan menjumpai safana yang sangat luas yang di namain Oro-oro Ombo sayang pas saya ke sana telah terjadi kebakaran di kawasan tersebut, mudah2an trip selanjutnya saya di kasih kesempatan untuk melihat tumbuhan yang katanya lavender tapi sebenarnya itu bukan lavender tapi salah satu tumbuhan parasit yang daya serap airnya sangat kuat bahkan mengalahkan resapan dari pohon edelwiss, yah bisa di bilang terjadi kebakaran di area tersebut cukup bagus untuk kelangsungan hidup Flora asli Gunung Semeru. tapi tidak bisa di pungkiri keindahan tumbuhan parasit tersebut bila sedang memekarkan bunganya.

Oro - oro Ombo
Sekitar satu jam perjalanan dari Ranukumbolo dan melewati oro-oro ombo kita akan tiba di tempat selanjutnya yaitu Cemoro kandang disini pun tersedia warung yang menjual makan2 instan dan minuman. sekedar melepas lelah disini karena tempatnya yang sejuk dan banyak pohon yang rindang, mungkin kenapa ada kata kandang di nama tempat ini karena tempat yang sejuk seperti ini biasanya di gemari hewan2 seperti rusa, kijang, kancil dan lain sebagainya yang hidup di Gunung Semeru ini.

Cemoro Kandang
Tapi sangat di sayangkan begitu banyak vandalisme di papan penunjuk ini, banyak orang yang mengaku pencinta alam tapi tidak singkron dengan tingah lakunya, perbuatan2 seperti itu tolong untuk tidak di contoh apa artinya ke indahan alam ini bila kita sebagai manusianya hanya sekedear menikmati tanpa menjaga dan melestarikannya.
semoga kalian para vandaliser sadar dan cepet kembali kejalan yang bener aminnn O:) ....

dari cemoro kandang track yang akan di lalui semakin menanjak jaga ritme langkah dan atur nafas dengan baik agar tidak cepat lelah. sekitar 2 jam perjalanan kita akan sampai di tempat selanjutnya yang di beri nama Jambangan

Jambangan
Disini pun tersedia warung seperti biasanya, kalo cuaca sedang cerah dan tidak berawan dari sini kita bisa melihat ke gagahan puncak Mahameru.
track selanjutnya yang akan kita lewat cukup datar dan sekitar setengah jam kita sudah sampai di Kali Mati .  disini merupakan tempat camp terakhir bagi yang akan melakukan Summit Mahameru, tapi ada beberapa juga yang melakukan camp di area batas vegetasi atau bisa di sebut Arcopodo itu terletak lebih tinggi lagi dari area kali mati sekitar sejam perjalanan lagi.

Kalimati
Di kalimati pun tersedia toilet dan untuk mencari air kita harus ke Sumber mani yang sekitar 15 menit perjalanan ke arah Barat. usahkan untuk mengambil air berbarengan dengan pendaki lain dan lakukan sebelum hari mulai gelap karena itu sumber air satu2 nya di kawasan kalimati yang mana bila satu2nya para penghuni asli situ juga akan mencari air ke area sumbermani seperti macan dan yang lainnya. dan ingat jangan pernah mendirikan tenda di sekitar atau di bawah pohon yang di beri tanda kain warna putih itu merupakan tanda yang beri langsung oleh suku asli Gunung Semeru yaitu suku tengger yang mana ada hal2 yang di luar nalar akal sehat bila kita mendirikan tenda sekitar tanda itu. INGET ITU PANTANGAN .

Setalah ngambil air dan makan di sarankan kita harus segera tidur karena di tengah malam nanti kita akan melakukan Summit attack, selain menambah tenaga itu juga akan menjaga kondisi badan kita tetap stabil.

(Hari 4)
Sekitar jam 11 - 12 malem saya mempersiapkan untuk summit seprti perlengkapan bawa seperlunya air pastikan satu orang bawa masing2 satu botol ukuran besar dan snack penambah tenaga seprti madu dan coklat, dan tentunya roti dan susu untuk sarapan di puncak sana nanti :D Jangn lupa juga obat-obatan yah, isi perut dulu sebelum memulai summit dan berdoa tentunya agar semua lancar tanpa kendala apapun. ingat track yang akan kita laluin sangat curam, harus penuh kesabaran dan super hati2, terus berdoa terus inget dengan zat Sang Khaliq jangan pernah berhenti berdoa selama summit tetap fokus.
dan ternyata bener setiap satu kali melangkah kita pun turun tiga langkah loh :O
Dari kalimati ke puncak mahameru di butuhkan waktu sekitar 6 Jam perjalanan yah tentunya tergantung fisik masing2 yah. bila lelah jangan terlalu lama istirahat karena semakin lama kita istirahat suhu bandan pun semakin turun karena suhu di tracking summit bisa mencapai minus 10 derajat celsius, sambil istirahat tetap lakukan gerakan2 kecil, dan jangan pernah mencari pijakan batu karena material di track tersebut sangat labil ingat terus fokus hati2 dan berdoa.
setalah perjuangan yang begitu lama dan melelahkan Alhamdulillah saya pun tiba Puncak Mahameru di jam 04.50 pagi.
Puji syukur kekhadirat Illahi Rabbi cita2 harapan dan angan2 saya selama ini telah tercapai, kambali saya di ijinkan untuk melihat keagungan ciptaanNya, Subhanallah tidak ada kata yang bisa di ucapkan selain rasa syukur yang sebesar2nya tidak ada perbuatan apapun yang bisa di lakukan selain tetesan air mata ini yang jatuh dengan sendiri, terbasahi pipi ini dengan air mata syukur dan kekaguman terhadap ciptaanNya, tertetes air mata pun ke lembutnya pasir mahameru yang amat sangat saya rindukan, sujud ku, air mataku terserah sepenuh jiwa raga ini pada sang pencipta di Puncak Mahameru.
sungguh hanya tetesan air mata ini yang mewujudkan kecintaan saya terhadap gunung ini, dan semoga kambali saya di ijinkan untuk melepas rindu ini aminnn.....

Puncak Mahameru


udah ah melomeloannya O:) Tapi itu memang kenyataannya hehehe :D ....
kalo mau liat versi Video nya silahkan klik link nya yah Puncak Mahameru .


Untuk perjalanan turun nya cuman di tempuh satu jam perjalanan loh, hehe karena sambil lari tapi ingat tetap hati2 ikutin track yang ada, tetap fokus pada patokan track yang semalem kita laluin. karena kebanyak tersesatnya pendaki di saat turun dari mahameru tetap berdoa dan fokus yah dan usahakan turun lebih dulu karena bila turun bareng2 dengan pendaki yang lain debu nya amat sangat luar biasa :D .

Berbagi pengalaman dari senior, percaya ga percaya tapi memeng itu di alamin langsung oleh temen saya yang udh senior dan sering naik gunung semeru, yang isi pesan nya "bila kita tersesat saat summit di area sekitar batas vegetasi/Arcopodo panggil saja 3x nama Bang Keli bicara langsung atau tidak langsung minta di arahin ke jalan yang bener Insyaallah secara langsung kita denger suara bang keli yang ngunjukin jalan nya, bukan satu org doang yang denger tapi satu kelompok trip itu denger petunjuk jalan nya"

untuk arah pulang saya dari Kalimati Langsung bablas ke Ranupani, mulai tracking dari jam 2 siang sampai Ranupani jam 8 malem,emm emang amat sangat melelahkan dan sangat menguras tenaga yang sebelumnya di tempuh 2 hari pas pulang hanya di hajar 6 jam, kebayangkan tuh langkah kaki udah kaya kereta jurusan tanah abang - merak =)) 

untuk di ranupani kita bisa dirikan tenda di aula resort ranupani, tentunya gratis lebih nyaman dan tentunya ga sedingin di Ranukumbolo kan hehehe di tambah tersedia berbagai makanan enak yah harus beli tentunya :D

(Hari 5)
Arah pulang kejar kereta jam 5 sore . tentunya kita lebih santai ketimbang bila semalem kita camp lagi di ranukumbolo pasti sangat terburu2 waktu dan pasti lebih ribetbongkar pasang tendanya kan.

Estimasi Biaya Tahun 2015 :
  1.  Tiket Kereta St, Senen - St. Malang  Rp. 115.000x2 
  2.  Angkot St. Malang - Pasar Tumpang Rp. 20.000x2
  3.  Jeep Pasar Tumpang - Ranupani Rp. 500.000X2 / (10org di trip ini)
  4.  SEMAKSI Rp. 20.000/ org
TOTAL BIAYA TRANSPORT = Rp. 370.000/orang

yup itulah pengalaman saya mendaki puncak Mahameru, maaf bila ada salah kata atau info yang sebenarnya, saran dan komentarnya sangat saya harapkan.

Cintai dan terus lestarikan keindahan alam bumi pertiwi, jangan rusak dengan keserahan dan kesombongan.
SELAMAT MENDAKI, BAWA TURUN KEMBALI SAMPAHNYA ....!!!!!

Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
January 9, 2017 at 4:30 AM delete

Naik ke Puncak Mahameru dari Tangerang tentu sangat menantang bagi pecinta alam.

Reply
avatar
January 9, 2017 at 4:46 AM delete

Naik Gunung tentu sangat menyenangkan

Reply
avatar
January 9, 2017 at 4:49 AM delete

Mendaki Gunung itu melatih fisik kita. Ayo..

Reply
avatar
January 9, 2017 at 4:51 AM delete

Mari kita galakkan pendakian Gunung, tentu dengan memperhatikan kelangsungan alam.

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
July 26, 2017 at 9:33 PM delete

Yg komen itu org mulu -.-

Reply
avatar